Keplers Law

14,000,000 Leading Edge Experts on the ideXlab platform

Scan Science and Technology

Contact Leading Edge Experts & Companies

Scan Science and Technology

Contact Leading Edge Experts & Companies

The Experts below are selected from a list of 6 Experts worldwide ranked by ideXlab platform

Octaviana Khusnul - One of the best experts on this subject based on the ideXlab platform.

  • PENGEMBANGAN ALAT PERAGA HUKUM KEPLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI HUKUM KEPLER
    Inovasi Pendidikan Fisika, 2017
    Co-Authors: Octaviana Khusnul
    Abstract:

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat peraga hukum Kepler sebagai media pembelajaran fisika pada materi hukum Kepler. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat validitas alat peraga hukum Kepler yang dikembangkan sebagai media pembelajaran memiliki rata-rata persentase sebesar 77,68% dengan kriteria “layak”. (2) Ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga hukum Kepler mencapai 80%. Hasil ini menunjukkan bahwa alat peraga hukum Kepler yang dikembangkan efektif digunakan sebagai media pembelajaran fisika. (3) Hasil respons peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga hukum Kepler mendapat rata-rata persentase sebesar 93,33%. Hal ini menunjukkan respons peserta didik yang “sangat positif” terhadap kepraktisan alat peraga hukum Kepler. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa secara umum alat peraga hukum Kepler yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada materi hukum Kepler. Kata Kunci: Alat peraga, media pembelajaran, hukum Kepler.   Abstract This research aims to describe the advisability of  Keplers Law props as a physics learning media to the topic of  Keplers Law.  This is a development research using ADDIE research model. The results showed that (1) the validity of the Keplers Law props that has been developed as a learning media has an average percentage of 77,68% with decent criteria (2) The completeness  of student learning result classically after  following the learning process using Keplers Law props reached 80%. This result indicates that Keplers Law prop that has been developed is effective as a physics learning media. (3) The results of the response of participants after following the learning process by using Keplers Law props get a percentage of average 93,33 %. This shows that students response is very positive toward the advisability of  Keplers Law props.  Thus it can be concluded that the Keplers Law props that has been developed is decent to be used as physics learning media to the topic of  Keplers Law. Key Words: Props, learning media, Keplers Law

Affida Nailul - One of the best experts on this subject based on the ideXlab platform.

  • PENGEMBANGAN ALAT PERAGA IPBA-HUKUM KEPLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI HUKUM KEPLER KELAS X MIA
    Inovasi Pendidikan Fisika, 2017
    Co-Authors: Affida Nailul
    Abstract:

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan alat peraga hukum Kepler. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Alat peraga yang telah divalidasi kemudian diuji coba kepada peserta didik kelas X. Uji coba alat peraga dilakukan melalui proses pembelajaran menggunakan alat peraga hukum Kepler dan direplikasi sebanyak tiga kali. Berdasarkan hasil validasi alat peraga dan lembar kegiatan peserta didik didapatkan persentase validitas sebesar 84,8% dan 87,9% yang masing-masing termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil belajar peserta didik untuk ketiga kelas eksperimen berturut-turut adalah 80,30; 77,72, dan 78,45 dengan nilai gain normalisasi yaitu sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Respon peserta didik terhadap alat peraga hukum Kepler menunjukkan persentase sebesar 93,3% yang termasuk dalam kriteria sangat positif. Berdasarkan hasil tersebut maka alat peraga hukum Kepler ini layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika.   Kata kunci: Alat Peraga, Hukum Kepler, Media Pembelajaran Fisika, Pengembangan   Abstract The aim of this research is to describe the validity of Keplers Law props.  This research is developmental research which used ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). In advance, the props were been validated by two expert lecturers and a physics teacher. Then, the props were been tested through the trial test in the first grade students of senior high school and been replicated three times. It is obtained 84.8% for the props and 87.9% for the student sheets, according to the score of validity,. The percentages mean very good. Student assessment for these three experiment classes are 80.30; 77.72; 78.45 with the normalized gain score 0.59 and it is categorized as medium. The response of students toward the props is very positive according to the questionnaire. Thus, according to these results, the props of Keplers Law can be used for physics instructional media.   Keywords: Props, Keplers Law, Physics Instructional Media, Development